Jumat, 08 Agustus 2014

Memulai Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 - Harus Bagaimana ?

Belajar Dari Pengalaman
Belajar dari pengalaman adalah salah satu cara belajar terbaik, baik dari pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Kami ketika awal pertama harus mengajar prakarya =BINGUNG Juga=. Diklat sebagai guru sasaran (diklat pertama) kayaknya gak ada yang masuk, hanya 10-15 persen. Waktu itu berprinsip pokoknya jalani saja. Diklat ke-2 dan seterusnya baru mulai tambah lagi sedikit, hingga saat tulisan ini ditulis baru merasakan semakin bertambah pemahaman, walau belum bisa 80 % (Diklat/Bintek Pendamping Kurikulum 2013 Kab/Kota di Hotel syariah Solo - 7-12 Agustus 2014)

Yang paling terasa adalah ketika sepulang diklat INAS di LPPKS Solo kemudian harus action berbagi pada teman-teman guru prakarya di kabupaten. Banyak masukan, keluhan dan pertanyaan ketika kami menjadi salah satu fasilitator / instruktur pada pelatihan di Wonosobo pada awal puasa beberapa waktu yang lalu. Bagaimana membuat RPP, bagaimana silabusnya dan bagaimana cara mengajarkannya dan bagaimana cara penilaiannya.

Ada salah satu yang paling menarik, ketika tahun ini harus memulai mengajar mapel baru - prakarya, rata-rata guru yang akan mengajar prakarya baik kelas 7 maupun kelas 8 bertanya demikian "SAYA HARUS MEMULAI MENGAJAR DARI MANA, BAB / ASPEK APA, BAGAIMANA CARANYA ?" dan sejenisnya.

Adalah wajar dan bahkan sangat wajar, sebagai mapel baru yang harus diajarkan oleh guru dengan latar belakang yang beragam, ada yang dari TIK, ketrampilan bahkan mapel agama.
Beberapa saran kami adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan 1 aspek untuk dipilih - yang akan diajarkan dalam semester 1 ini. Tidak harus yang kita pikir menguasainya, yang penting yakin bahwa kemungkinan kita bisa mempelajari dan menyampaikannya pada siswa.
  2. Baca silabus yang sudah tersedia pada web ini, baca-baca dan pelajari tentang materinya, alokasi waktu dan lainnya.
  3. Baca dan pelajari RPP yang ada, edit dan sesuaikan dengan "TEMA" - jangan terlalu berfikir mencari RPP yang sempurna, nanti bisa diperbaiki kembali sambil mencari sumber dan regulasi yang lebih terkini (karena masih terus ada perbaikan dari tingkat pusat).
  4. Baca buku pegangan guru (tersedia soft file di web ini), di sana dijelaskan langkah-langkah bagaimana guru mempersiapkan diri, melakukan proses pembelajaran dan bagaimana menilainya.
  5. Untuk menguatkan proses pembelajaran dan mengkondisikan siswa berikan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk MENGAMATI dengan cara menyiapkan materi, literatur, tayangan gambar/video dan pendukung lainnya. (beberapa contoh sudah kami pasang pada web ini)
  6. Sharing dan bertanya. Jangan malu untuk bertanya kepada yang dianggap mampu, pada dasarnya semua mapel secara konsep, proses dan metode penilaian sama.
Selamat belajar, selamat bekerja, selamat menjalankan tugas mendidik anak bangsa untuk membuat perubahan yang baik - bagi siswa juga bagi kita. Semoga sukses, Amin.

2 komentar:

  1. terima kasih pak..mohon bantuan dan bimbingannya untuk mengampu prakarya mapel baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-2 Nbak/Mas ayahaikal ... semoga bisa sedikit membantu

      Hapus